Menu Buka Puasa : Resep Capcay Kuah

Menu Buka Puasa : Resep Capcay Kuah

SHARE

Seruanku.com – Menu Buka Puasa : Resep Capcay Kuah. Capcay kuah adalah hidangan dari negeri cina yang berisi berbagai macam sayuran. Nama makanan ini diberi nama capcay dari kata “ cap “ yang berarti angka 10, karena hidangan berisi 10 macam sayuran. Tetapi seiring berkembangnya waktu dan adaptasi dengan masakan lokal, capcay kuah tidak berisi 10 macam sayuran apalagi apabila membeli di pedagang kaki lima pinggir jalan.

Lantaran banyaknya macam sayuran yang digunakan dalam masakan ini, tentunya banyak sekali gizi yang dapat diperoleh. Seperti yang telah diketauhi wortel banyak mengandung vitamin A dan serat. Jamur merang mengandung asam amino esensial dan protein penting lainnya. Kembang kol kaya akan vitamin B9 , C dan K. Tak hanya berisi sayuran, capcay dapat dipadukan dengan daging ayam dan udang sehingga gizi akan lebih seimbang.

Masakan capcay ini sangat cocok dihidangkan saat buka puasa. Seharian penuh tubuh kekurangan asupan gizi, proses metabolismenya pun tidak maksimal, sehingga konsumsi menu ini adalah pilihan tepat.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk memasak capcay adalah 50 gr wortel, diiris miring, 100 gr kembang kol, iris tiap kuntumnya, 100 gr daun kol, iris jangan terlalu kecil, 100 gr jamur merang, dibelah dua, 100 gr sawi putih, iris kira – kira 2 cm, 100 gr udang yang telah dikupas, 100 gr fillet ayam potong dadu, 5 batang daun bawang, iris 2 cm, 5 seledri,, 6 batang sawi hijau,, 6 batang buncis,, 2 buah tomat, potong menjadi 4 bagian, dan 200 ml air.

Selain bahan, ada pula bumbu yang harus disiapkan, yaitu 2 siung bawang putih, geprek, 1 sendok makan minyak wijen,  1 sendok teh merica bubuk, 3 sendok teh saus tomat, 1 sendok teh  garam, ½ sendok teh gula pasir.

Cara memasak capcay ini diawali dengan menumis  bawang putih hingga harum. Lalu masukkan minyak wijen dan saus tomat, aduk rata. Kemudian  tumis udang dan ayam. Setelah udang dan ayam sudah matang segera masukkan semua sayuran, tumis hingga sedikit layu. Terakhir masukkan air, garam, merica bubuk, dan gula. Aduk – aduk hingga sayuran matang. Sajikan capcay selagi hangat dengan nasi putih.

Penting untuk diketahui jangan memasak capcay terlalu lama, karena dikhawatirkan gizinya telah rusak. Namun, juga harus dipastikan daging ayam dan udang sudah matang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY